Tentang Kami

Berdiri sejak tanggal 9 Desember 1918, Rumah Sakit Lavalette merupakan salah satu unit PT Nusantara Sebelas Medika. Di usia emasnya, RS Lavalette terus bergerak mengembangkan diri untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat, baik preventif, kuratif, rehabilitative dan pasca rawat atau home health care. Didukung tenaga kesehatan yang kompeten dan handal serta peralatan medis yang mutakhir, RS Lavalette mengedepankan ketulusan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pelanggan. RS Lavalette mendorong masyarakat untuk peduli kesehatannya saat tidak sakit, antara lain dengan melakukan medical check up secara berkala untuk mengetahui status kesehatan. Tidak hanya itu, RS Lavalette juga menyediakan pelayanan rawat jalan dan rawat inap bahkan pelayanan pasca rawat yaitu perawatan di rumah atau home health care. RS Lavalette memiliki layanan unggulan antara lain cancer center, kidney center, Geriatric Center, NICU. RS Lavalette terus membangun komunikasi dengan masyarakat dengan memberikan edukasi kesehatan secara offline maupun melalui platform akun social media Facebook, Instagram, Youtube dan Tiktok RS Lavalette. Bersama Pemerintah dan masyarakat, RS Lavalette berkomitmen meningkatkan derajat kesehatan masyarakat untuk mendukung generasi penerus bangsa yang sehat dan produktif.


dr. Mariani Indahri, MMRS

Direktur




Alamat Lengkap & Lokasi Maps

RS Lavalette
Jl. W.R. Supratman No.10, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111

Call Center : +62341470805

VISI

Menjadi Rumah Sakit yang memberikan pelayanan kesehatan holistik, terkemuka, dan berkualitas dengan jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia

 

MISI

1. Memberikan Layanan Prima, Profesional dan Bersikap Ramah kepada Stakeholders

2. Peduli terhadap Keselamatan, Kenyamanan, dan Keamanan Stakeholders

3. Menyelenggarakan Layanan Kesehatan yang Berwawasan Lingkungan



Sejarah RS Lavalette


Rumah Sakit Lavalette berdiri pada 9 Desember 1918. Semakin mengukuhkan bahwa RS Lavalette merupakan salah satu rumah sakit tertua di Kota Malang.

Sebelum menjadi rumah sakit, Lavalette dulunya adalah sebuah klinik kesehatan milik pemerintah Hindia-Belanda. Berkat ide pengusaha perkebunan besar yang tergabung dalam Yayasan 'Stichting Malangsche Zieken-verpleging' klinik ini diganti menjadi Rumah Sakit Lavalette.

Lavalette Kliniek berdiri di atas tanah sawah seluas 19.535 meter persegi dan tanah pekarangan seluas 7.870 meter persegi. Pembangunan dimulai pada tahun 1917 dan selesai pada tahun 1918.

Nama Lavalette diambil dari nama pemilik saham terbesar rumah sakit Lavalette kala itu. Yakni G. Chr. Renardel de Lavalette juga menjabat sebagai ketua yayasan. Dia jugalah yang mengatur segala pendanaan dalam pembangunan.

Rumah Sakit Lavalette yang dulu bernama Lavalette Kliniek sempat menjadi sanatorium untuk merawat pasien penyakit paru-paru. Ruangan-ruangan atau kamar-kamar Lavalette Kliniek juga disewakan kepada pemerintah atau pihak lainnya.

 

Pada tahun 1958 Lavalette Kliniek diambil alih oleh badan milik pemerintah Indonesia yang bernama Pusat Perkebunan Negara. Hingga akhirnya pada 1961 Klinik Lavalette diserahkan kepada PPN dan namanya berganti menjadi Rumah Sakit Lavalette hingga sekarang.

Pada tahun 1991 nama rumah sakit ini disempurnakan menjadi Rumah Sakit Umum Lavalette (RSU Lavalette) nama rumah sakit yang telah disempurnakan tersebut bertahan hungga saat ini. Sejak berdirinya hingga saat ini, RSU Lavalette memegang pesan dari pendirinya, agar tetap digunakan untuk rumah sakit yang melayani kesehatan masyarakat. 

Dan pada tanggal 11 Maret 1996 berdasar Peraturan Pemerintah No. 16, PT Perkebunan XXIV-XXV (Persero) dibubarkan, kemudian dibentuk Badan Usaha baru dengan nama PT Perkebunan Nusantara XI (Persero) atau dikenal sebagai PTPN XI (Persero) yang merupakan gabungan dari PT Perkebunan XXIV-XXV (Persero) dengan PT Perkebunan XX (Persero).

Kini, rumah sakit ini berada di bawah pengelolaan PT Pertamina Bina Medika dan tergabung dalam jaringan pengelolaan rumah sakit terbesar di Indonesia, yakni Indonesia Healthcare Corporation.