RS Lavalette Raih Penghargaan RS Swasta Terbaik Penanggulangan TB 2023 dalam Gebyar Hari Kesehatan Nasional ke-59 Kota Malang Tahun 2023

RS Lavalette Raih Penghargaan RS Swasta Terbaik Penanggulangan TB 2023 dalam Gebyar Hari Kesehatan Nasional ke-59 Kota Malang Tahun 2023

Pj. Walikota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, M.M, secara resmi membuka Gebyar Hari Kesehatan Nasional ke-59 Kota Malang Tahun 2023 di MCC pada Kamis (23/11/2023). Pada momen ini, RS Lavalette meraih penghargaan prestisius dalam kategori RS Swasta Terbaik dalam Penanggulangan TB.


Direktur RS Lavalette, dr. Mariani Indahri, MMRS, menyatakan rasa syukur atas penerimaan piagam penghargaan ini. Menurutnya, hal ini menunjukkan komitmen RS Lavalette dalam aktif berpartisipasi untuk mengoptimalkan penemuan kasus TB di Kota Malang.


“Melalui aktivitas Tim TB DOTS RS Lavalette, kami berkomitmen untuk selalu bersinergi mewujudkan percepatan eliminasi TBC di tahun 2030 ini."


“Kita ketahui bersama kalau Eliminasi TBC ini adalah wujud sinergi lintas sektor di kesehatan maupun non kesehatan. Karena angka kesakitan TB di Indonesia ini masih cukup tinggi" ungkap dr. Maya, panggilan akrab Direktur RS Lavalette.


Dalam sambutannya, Pj. Walikota Wahyu Hidayat memberikan apresiasi atas terselenggaranya Gebyar Hari Kesehatan tersebut. Acara ini merupakan wadah bagi para profesional kesehatan untuk saling berkoordinasi dan bertemu, terutama setelah empat tahun pandemi Covid-19.


“Ini terlaksana setelah 4 tahun Pandemi ya, jadi kegiatan ini merupakan wadah bagi insan kesehatan untuk bisa saling koordinasi, harapannya ke depan kita punya target-target kesehatan yang harus kita lakukan terutama untuk kesehatan masyarakat, salah satunya adalah penanggulangan stunting” ujar Wahyu.


Walaupun prevalensi stunting di Kota Malang menunjukkan peningkatan positif sebesar 8,9 persen, berdasarkan data dari Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), upaya penanganan harus tetap ditingkatkan secara maksimal. Pj. Walikota Malang ini juga memberikan instruksi untuk memperkuat peran Posyandu sebagai garda terdepan dalam pemantauan stunting. Dia menekankan perlunya persiapan SDM yang mumpuni untuk mengatasi stunting, dengan komitmen untuk terus memantau jumlah stunting di setiap kelurahan.


Wahyu memberikan apresiasi terhadap dedikasi insan kesehatan Kota Malang dalam menjaga kesehatan masyarakat dan mencegah stunting. Dia berharap kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, komunitas peduli kesehatan, dan masyarakat dapat terus dikuatkan demi kesehatan Kota Malang yang lebih baik.